Kamis, 07 Juli 2011

ISTILAH-ISTILAH YANG DIGUNAKAN DALAM AKSES INTERNET


   Internet dan aplikasinya tentu menyimpan banyak istilah yang belum kalian kenal. Banyaknya istilah yang kalian belum kenal jangan sampai membuat kalian patah semangat. Kunci untuk mengenal dengan baik istilah-istilah tersebut adalah meningkatkan frekuensi penggunaan internet.
   Sejumlah istilah akan banyak kalian temukan sebagai pemula dalam mengoperasikan internet. Istilah-istilah penting yang perlu kalian pahami sebagai berikut.
1.         Abbreviation- pesan-pesan dalam bentuk singkatan-singkatan. Pesan ini telah menjadi bahasa atau sarana komunikasi yang diterima dan digunakan oleh komunitas Internet, baik untuk chatting atau menulis e-mail pribadi. Berikut contoh-contoh abbreviation.
·        ASAP: As Soon As Possible (Secepat Mungkin)
·        BBFN: Bye-bye for Now (Selamat Tinggal)
·        BYKT: But You Knew That…. (Tapi kamu tahu bahwa….)
·        CMIIW: Correct Me If I’m Wrong (Koreksi saya jika saya salah)
·        FYI: For Your Information (Untuk informasi Anda)
·        IAC: In Any Case (Dalam beberapa kasus)
·        IMO: In My Opinion (Menurut saya)
·        LJBF: Lets Just Be Friends (Mari kita berteman)
·        LOL: Laughing Out Loud (Tertawa keras)
·        NP: No Problem (Tidak masalah)
·        OIC: Oh I See (Oh saya melihat/tahu/paham)
·        OT: Out Topic (Diluar pembicaraan)
·        RUOK : Are You OK (Apakah anda setuju?)
·        SC$!: Success (Sukses!)
·        TY: Thank You (Terima kasih)
·        TYVM: Thank You Very Much (Terima kasih banyak)
·        YM: You’re Welcome (Terima kasih kembali)
2.       Attach files- penyertaan sejumlah file (data, suara, atau grafik) pada e-mail yang akan dikirim.
3.       BBS (Buletin Board Service)- suatu pusat layanan informasi yang menyediakan informasi baim di bidang pendidikan dan teknologi, bisnis, social, maupun promosi niaga. Pada fasilitas ini kalian dapat melakukan download atau upload informasi.
4.       CC (Carbon Copy)- salinan alamat ke mana copy e-mail akan dikirim.
5.       Chat (Chatting)- pembicaraan melewati Internet secara online. Chat bisa dilakukan dalam bentuk tulisan atau suara.
6.       Chat Rooms- ruang virtual tempat chatting dilakukan secara online.
7.       Dial-up Connection- metode koneksi ke ISP menggunakan jaringan telepon.
8.       Domain Name- lokasi organisasi atau perseorangan dalam Internet. Misalnya: edu: education, sch: school, ac: academic, com: commercial, gov: government, mil: military, net: network atau provider, org: organisasi.
9.       Download- pemindahan data atau file dari computer atau server lain ke komputer yang digunakan pada jarak yang jauh.
10.     Emoticon- symbol-simbol yang digunakan untuk menyingkat kalimat yang mengungkapkan sikap kalian pada waktu melakukan chatting. Penggunaan simbol-simbol ini bermanfaat untuk menghemat waktu dalam mengetik. Contoh-contoh emociton sebagai berikut.
8) : Tersenyum
=-) : Tersenyum
: ) : Tersenyum
:-) : Tersenyum
:-)) : Tertawa
8-) : Menggunakan kacamata hitam
B:-) : Kacamata hitam diletakkan di kepala
:@ : Bertanya apa
:( : Sedih
:* : Dicium
(:-) : Wajah yang bulat
:-{ : Wajah berkumis
11.       E-mail- jenis layanan Internet yang paling popular. Layanan ini berupa surat elektronik yang dapat digunakan untuk megirim atau menjawab; mengirimkan file sebagai bagian dari berita e-mail; dan berlangganan berita kepada grup diskusi yang diminati (mailing list).
12.     E-mail Box- tempat seperti direktori yang digunakan untuk menampung e-mail yang masuk ke alamat e-mail kalian.
13.     E-mail Spam- e-mail yang tidak diinginkan, misalnya e-mail yang berisi promosi-promosi produk yang tidak kalian inginkan.
14.     FTP (File Transfer Protocol)- metode dalam melakukan transfer file menggunakan Internet. Biasanya digunakan untuk meng-upload file ke server lain. Server kemudian mengirimnya ke pengguna yang dituju.
15.     Home Page- halaman pertama atau utama dari sebuah situs web.
16.     HTML (HyperText Markup Language)- bahasa popular yang digunakan dalam pengembangan situs. Biasanya fasilitas atau bahasa ini mempunyai ekstensi .htm, .html, atau .shtml.
17.     HTTP (HyperText Transfer Protokol)- protocol yang digunakan server web untuk mengirim dan menerima informasi. Fasilitas ini bisa digunakan untuk mengirim dan menerima teks, grafik, gambar, suara, video, dan file multimedia lainnya. Biasanya file yang dikelola dengan HTTP ini dimulai dengan kata “http”, biarpun saat ini bisa dihilangkan.
18.     Hyperlink- koneksi antara sebuah elemen (kata, gambar, atau informasi) dalam sebuah dokumen dalam lingkungan web. Untuk mengaktifkannya, pengguna dapat mengklik elemen-elemen tersebut yang biasanya digarisbawahi atau diberi warna khusus.
19.     Hypertext- kata atau kalimat hypertext tersebut seperti kata atau kalimat pada umumnya. Namun, kata atau kalimat itu dihubungkan pada teks yang berisi informasi yang lebih rinci di halaman web yang lain. Dengan demikian, ketika kata atau kalimat tersebut diklik, maka akan muncul dokumen lain yang dapat berupa penjelasan dari kata atau kalimat tersebut.
20.   ICP- singkatan dari Internet Content Provider, yaitu penyedia layanan jasa pembuatan halaman web, penyajian informasi ke portal, atau bahkan membuat situs e-Business hingga membangun jalur pembayaran transaksi dengan pihak perbankan.
21.     INP- singkatan dari Interent Network Provider, yaitu penyedia layanan jaringan menuju ke Global Internet.
22.    Internet (Interconnection Network)- sebuah jaringan komputer yang sangat besar yang terdiri dari jaringan-jaringan kecil yang saling terhubung yang menjangkau seluruh dunia.
23.   Internet Fax- aplikasi transmisi faksimili lewat Internet, seperti transmisi faksimili yang biasanya dilakukan melalui mesin faksimili.
24.    Internet Telephony- fasilitas Internet yang memungkinkan pengguna untuk berbicara melalui Internet ke beberapa personal komputer di seluruh dunia. Fasilitas ini dilengkapi dengan peralatan penerima dengan biaya koneksi internet biasa.
25.   Internet Traffic- lalu lintas pemakian Internet.
26.   IP (Internet Protocol)- sebuah protocol yang bertugas untuk menentukan rute untuk pesan atau data yang akan ditransmisikan.
27.    IRC (Internet Relay Chat-Chatting)- fasilitas yang disediakan di Internet untuk melakukan percakapan dalam bentuk teks.
28.   ISP (Internet Service Provider)- penyedia layanan akses Internet ke pengguna, baik rumah tangga maupun perkantoran.
29.   Newsgroup- sarana konferensi elektronik jarak jauh bagi para pemakai, seperti: alt.internet.service, copy.infosystems.www, dan news.answers.
30.   Portal- pintu gerbang untuk melakukan akses terhadap situs-situs di Internet. Portal berfungsi untuk melakukan pencarian topic atau untuk memperoleh berbagai layanan lainnya.
31.     Portal Horizontal- portal yang menyediakan beragam informasi dan layanan, seperti yahoo.com.
32.   Portal Vertikal- portal yang menyediakan informasi dan layanan tertentu dengan kebutuhan dan segmentasi khusus, seperti diffy.com, family.com, amazon.com, dan lain-lain.
33.   Search Engine- mesin pencari yang digunakan untuk membantu dalam menemukan suatu informasi dalam lingkungan Internet, contoh search engine yang paling popular adalah Google.
34.   Surfing- suatu kegiatan mengunjungi situs dari satu situs ke situs lainnya untuk mencari informasi-informasi yang dibutuhkan oleh pengakses.
35.   Upload- proses penempatan file yang berisi informasi ke sebuah komputer pusat layanan di Internet.
36.   URL (Uniform Resource Locator)- lokasi yang menunjukkan alamat dari berbagai macam dokumen dalam WWW.
37.   Web Browser- suatu program yang memungkinkan dokumen-dokumen HTML dapat didownload dari server web dengan menggunakan protocol dan format HTTP yang kemudian bisa ditampilkan dalam layar komputer. Web browser ini juga merupakan alat bantu untuk mencari dan menemukan web dari suatu lembaga, instansi, perusahaan, took, surat kabar, majalah, buku, dan lain sebagaiannya.
38.   Web-Page- halaman web yang berisi informasi-informasi baik teks maupun visual yang telah disusun oleh perseorangan maupun perusahaan.
39.   Website (situs web)- berisi sejumlah halaman web yang dirangkai menjadi satu kesatuan yang tidak terpisahkan.
40.   WWW (World Wide Web)- aplikasi Internet yang paling diminati pemakai. WWW mencakup sumber daya multimedia, antara lain suara, gambar, video, dan animasi, sehingga aplikasi ini menjadi semacam sarana pengetahuan yang interaktif.

     
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar