Minggu, 03 April 2011

BALON TERBANG


   Balon sebenarnya merupakan pesawat terbang yang paling sederhana. Balon biasanya terdiri atas kantong bulat yang terbuat dari kertas, sutra, atau kain yang dilapisi karet. Pada kantong itu terdapat udara panas dan hidrogen atau helium. Pada kantong itu diletakkan (dengan tali atau jala) sebuah keranjang atau tempat untuk membawa penumpang atau barang.
   Balon melayang diudara seperti cara ikan melayang-layang di air. Agar dapat nail turun, perlu diatur perbandingan berat dan besar volume balon. Makin besar volumenya makin ringan dan dapat naik. Selama balon dan semua peralatannya terpasang lebih ringan daripada volume udara yang dipindahkan, balon akan melayang naik. Apabila isi gas pengangkatnya berkurang, balon akan turun. Udara panas, hidrogen, atau helium digunakan sebagai bahan karena ketiganya lebih ringan dari pada udara atmosfer biasa.
   Sekali dilepaskan, balon akan naik ke udara. Balon akan berhenti bergerak keatas, apabila berat udara yang dipindahkan balon sama dengan berat balon itu. Untuk mengubah ketinggian balon, seorang pilot harus mengatur daya apungnya. Untuk turun, ia harus membebaskan sebagian gas pengangkatnya memalui katup dipuncak balon. Untuk naik, ia harus harus mengurangi bebannya atau menambahkan gas pengangkat.
   Gas dan beban tidak dapat diganti dalam penerbangan dengan balon. Oleh sebab itu, seorang pilot sangat terbatas kemampuannya dalam mengendalikan balon. Ia dapat naik atau turun tergantung pada ukuran balon. Sekali naik, balon sepenuhnya bergantung pada angin. Balon tidak dapa dikemudikan dalam penerbangan. Balon hanya dapat melayang atau bergerak apabila ditiup angin. Oleh karena itu, bahan balon hanya digunakan untuk pergi dari suatu tempat ke tempat yang lain yang sangat terbatas. Balon sulit digunakan untuk transportasi masyarakat umum.
   Balon pada umumnya digunakan untuk penyelidikan udara dibagian atas. Dala perang, balon biasanya digunakan sebagai pos pengamatan yang dapat dinaikkan. Balon dapat membentuk bendungan udara untuk melindungi kota dari pengeboman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar