Minggu, 18 September 2011

OLAHRAGA JALAN KAKI


   Setiap orang mempunyai kegemaran atau hobi. Kegemaran itu bermacam-macam, bahkan terkadang sangat unik dan aneh. Ada yang gemar memelihara burung, ada yang gemar yang memelihara kucing, ada yang gemar berpergian atau melancong, menonton film, mengoleksi hewan liar, menulis atau bermain catur.
   Akan tetapi, ada orang yang gemar berjalan kaki, namun tidak untuk mencetak prestasi. Olahraga murah meriah yang dilakukan ini hanya karena ia sering melakukannya. Dengan berjalan kaki, ia mendapatkan kepuasan. Bukti bahwa ia gemar melakukan olahraga jalan kaki adalah kegiatan itu dilakukan itu dilakukan secara terus menerus.

   Olahraga jalan kaki yang murah meriah ini apabila dilakukan secara teratur dan sedang-sedang saja, tampaknya dapat memperpanjang umur. Berdasarkan studi yang diterbitkan oleh The New England Journal of Medicine, disebutkan bahwa orang-orang yang terlibat dalam aktivitas seperti jalan kaki dan olahraga yang menggunakan dua ribu kalori atau lebih setiap minggunya, mempunyai angka kematian seperempat sampai tiga perempat lebih rendah dibandingkan dengan orang-orang yang tidak aktif olahraga.
   Studi ini masih dilakukan terhadap hampir 17.000 alumni Universitas Harvard. Studi ini menunjukkan bahwa resiko kematian bagi mereka yang melakukan aktivitas fisik berat adalah separuh dari resiko kematian bagi mereka yang paling tidak aktif berolahraga. Studi ini merupakan salah satu studi yang paling lengkap di bidang kesehatan masyarakat. Selain itu, merupakan salah satu dari beberapa studi yang menyarankan bahwa olahraga secara terus menerus itu protektif dan bukan hanya orang-orang yang paling sehat saja yang berhak olahraga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar