Sabtu, 09 Juli 2011

MENJELAJAH DI ALAM BEBAS


1.     Memilih lokasi yang aman dan nyaman
   Menjelajah di alam bebas biasanya di lakukan oleh banyak siswa secara bersama-sama dengan memanfaatkan waktu libur sekolah. Menjelajah di alam bebas dapat bermanfaat dalam beberapa hal sebagai berikut:
·        Aspek rekreasi dan kesehatan
Dengan melakukan penjelajahan di alam bebas, kita akan memperoleh kesenangan, kepuasan, kesehatan badan, kesegaran jasmani dan rohani.
·        Aspek ilmu pengetahuan
Dengan melakukan penjelajahan di alam bebas, kita akan memperoleh kesempatan menambah dan mengembangkan bakat, penemuan baru di bidang geografi, biologi, sejarah, fisika, dan ilmu lainnya. Juga dapat dimanfaatkan untuk menerapkan teori ilmu pengetahuan yang diterima di dalam kelas.
·        Aspek sosial
Memperoleh kesempatan pengembangan sosial dan kesadaran pentingnya hidup bermasyarakat.
·        Aspek pendidikan
Dengan melakukan penjelajahan di alam bebas, akan menimbulkan kesadaran tentang keagungan Tuhan dengan segala ciptaan-Nya, kekayaan alam, kepercayaan diri, rasa tanggung jawab, belajar berinisiatif dan cepat mengambil keputusan, belajar mengatasi masalah, hidup sederhana, sehat dan gembira.
   Dari segi waktu yang digunakan, menjelajah di alam bebas dapat dilakukan hanya beberapa jam saja, tetapi dapat pula dilakukan dalam satu hari, bahkan mungkin beberapa hari. Untuk itu, pemilihan lokasi yang akan digunakan untuk menjelajah penting diperhatikan.
   Lokasi yang dipilih hendaknya aman dan nyaman. Maksud lokasi yang aman adalah bebas dari gangguan ancaman bahaya sewaktu-waktu datang. Bahaya disini dapat dibedakan menjadi dua, yaitu bahaya dari makhluk sesame hidup dan bahaya dari alam sekitarnya.
a)     Bahaya dari makhluk hidup, antara lain:
o   Binatang buas (mis: harimau, dan serigala)
o   Binatang melata (mis: ular, lintah, cacing, dan pacet)
o   Binatang yang menggangu kesehatan (mis: nyamuk)
b)    Bahaya dari lingkungan alam, antara lain:
o   Bahaya banjir
o   Bahaya longsor
o   Badai, angin kencang
o   Pohon tumbang
   Lokasi yang nyaman maksudnya lokasi tempat menjelajah di alam bebas yang cuacanya mendukung. Pemandangannya menarik untuk dinikmati, sesuai dengan keinginan dan kebutuhan peserta.
   Jika menjelajah di alam bebas memerlukan waktu beberapa saat (menginap), maka tempat yang dipilih di samping hal-hal yang telah diuraikan diatas, perlu juga diperhatikan beberapa hal sebagai berikut:
·        Tidak terlalu jauh dari sumber air
·        Tidak terlalu jauh dari rumah penduduk sekitar
·        Tidak terlalu jauh dari tempat yang menyediakan kebutuhan pokok sehari-hari jika sewaktu-waktu diperlukan (misalnya pasar tradisional)
·        Tidak terlalu jauh dari pos kesehatan umum
·        Tidak terlalu dengan jalan umum
2.     Menggunakan peralatan/perlengkapan yang sesuai dengan kebutuhan.
   Perlengkapan atau peralatan yang diperlukan harus sesuai dengan kebutuhan. Perlengkapan utama menjelajah di alam bebas adalah peta dan kompas. Teknik membaca peta dan kompas harus benar-benar dipahami. Jika kegiatan menjelajah di alam bebas dilakukan dengan berkemah, maka perlengkapan berkemah harus dilengkapi. Adapun perlengkapan berkemah dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu perlengkapan perorangan, perlengkapan kemah, dan perlengkapan memasak.
A.   Perlengkapan perorangan
·        Pakaian, termasuk pakaian dalam (dua sampai tiga stell)
·        Piyama atau sarung
·        Baju kaus (olahraga)
·        Handuk, sapu tangan
·        Jas/ mantel
·        Sepatu kulit atau sepatu karet
·        Sandal
·        Obat-obatan pribadi
·        Sikat gigi, sabun mandi, dsb
B.   Perlengkapan kemah
·        Tenda
·        Pasak atau patok
·        Tali
·        Tiang penyangga
·        Alas tidur atau sebagiannya
C.   Perlengkapan memasak
·        Panji dan wajan
·        Ember
·        Golok atau pisau
·        Kain lap atau serbet
·        Piring dan cangkir alumunium atau piring plastic
·        Tempat gula, the, kopi
·        Korek api
·        Sabun cuci
·        Bahan makanan, dsb
   Seorang penjelajah di alam bebas tidak akan membawa tenda besar, tetapi ia akan memilih tenda kecil dan ringan serta praktis penggunaannya. Ia tidak akan membawa tiang-tiang khusus untuk tendanya. Ia juga memilih tenda yang dapat diikatkan pada dahan-dahan pohon yang nanti dapat ditemui dalam perjalanan. Ia akan memilih tenda jenis forester tent atau explozer tent.
   Forester tent adalah tenda yang terbuka sebelah depan dengan satu puncak, dapat didirikan dengan tali dengan diikatkan pada pohon atau dengan pancang kayu yang diletakkan di dalam.
   Explozer tent adalah tenda yang mempunyai ruang depan yang lebih luas dibandingkan dengan bagian dalam tenda.

2 komentar:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus