Senin, 14 November 2011

TOKOH DAN ILMU


   Ilmu dikembangkan oleh para ilmuwan untuk mencapai kebenaran mengenai sesuatu hal. Dari kebenaran itu, ilmu memberikan pemahaman kepada manusia mengenai alam semesta dan dunia sekelilingnya. Berdasarkan hal tersebut, ilmu dapat memberikan berbagai penjelasan tentang gejala dengan peristiwa alam.
   Pada tahun 1929, di Observatorium Morat Wilson California, ahli astronomi Amerika, Edwin Hubble membuat salah satu penemuan terbesar di sepanjang sejarah astronomi. Ketika mengamati bintang-bintang dengan teleskop raksasa, ia menemukan bahwa benda-benda tersebut memancarkan cahaya merah sesuai dengan jaraknya. Hal ini berarti bahwa bintang-bintang bergerak menjauhi kita. Menurut hukum fisika, spectrum dari sumber cahaya yang sedang bergerak mendekati pengamat, cenderung ke warna ungu, sedangkan yang menjauhi pengamat cenderung ke warna merah.

   Albert Einstein tak memerlukan uang, gelar-gelar dan pujian. Ia menciptakan kebahagiaan sendiri dengan hal-hal sederhana, misalnya bekerja atau bermain biola. Walt Disney hanya mengendarai mobil bekas meskipun mengendarai Rolls Royce mewah pun bisa jika ia mau. Wright bersaudara, si pencipta pesawat terbang, sangat sederhana hidup dan tingkah lakunya, sampai-sampai enggan diberitakan dan dipotret. Thomas Alfa Edison senang bekerja di laboratorium semalam suntuk. Alfred Nobel mewariskan seluruh kekayaannya yang sangat besar untuk penghargaan bagi penemu atau ilmuwan yang berjasa bagi kehidupan umat manusia. Jadi, dapat disimpulkan bahwa banyak hal bisa diteladani dari kehidupan para tokoh terkenal dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar