Sabtu, 08 Oktober 2011

Tekuk Ceko, Spanyol Catat Rekor Sempurna

PRAHA - Juara dunia dan juara Eropa Spanyol mempertahankan rekor sempurna mereka di kualifikasi Euro 2012 Grup I, setelah menundukkan Republik Ceko 2-0, Jumat. Kedua gol lahir pada babak pertama dicetak Juan Mata dan Xabi Alonso.



Hasil ini memantapkan Spanyol di puncak klasemen dengan tujuh kemenagan dari tujuh pertandingan, sehingga mengoleksi 21 poin, Spanyol puncak grup dengan tujuh kemenangan dari tujuh pertandingan.




Republik Ceko berada di urutan kedua dengan 10 poin, unggul dua poin dari Skotlandia yang masih memiliki dua pertandingan.



Pelatih Spanyol Vicente Del Bosque memulai pertandingan dengan memasang tiga striker sekaligus, Mata, David Silva dan Fernando Torres.



Formasi tersebut langsung menuai hasil maksimal saat laga baru berjalan enam menit, melalui gol yang dicetak oleh Juan Mata. Lepas dari jebakan offside, sStriker Chelsea itu mempedaya kiper Ceko yang juga rekan mainnya di klub, Petr Cech.



Tim Matador terus membombardir lini pertahanan tuan rumah, sehingga mereka hanya menyisakan striker Milan Baros di tengah lapangan.



Spanyol akhirnya menambah keunggulan pada menit ke-23 melalui Xabi Alonso. Gelandang Real Madrid yang berdiri di dekat titik penalti tanpa pengawalan ketat itu tinggal membelokkan arah bola saat menerima umpan dari David Silva.



Pada babak kedua Spanyol tidak mengurangi tekanan. Sejumlah pelang berhasil mereka dapatkan, antara lain melalui pemain pengganti David Villa. Tendangan striker Barcelona itu tipis di atas mistar. Begitu pula tendangan jarak jauh Javi Martinez dimentahkan oleh Cech.



Dengan kekalahan ini peluang Ceko untuk meraih tiket ke babak play-off makin tipis. Tomas Rosicky dkk bahkan kemungkinan besar terperosok ke peringkat ketiga, karena saingan mereka Skotlandia akan menghadapi tim lemah Liechtenstein, hari Sabtu.



Penentuan tim yang lolos playoff adalah pada 11 Oktober, ketika Skotlandia melawat ke Spanyol dan Ceko bermain di Lithuania. (AFP)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar