Kamis, 03 Mei 2012

Apa saja sih yang mempengaruhi suksesnya suatu klub dalam kemenangan?

   Siapa yang tak tahu permainan sepakbola? Hahahahahahahah, keterlaluan kalau tidak tahu. Permainan yang hampir digandrungi oleh seluruh orang yang ada di dunia. Skil yang indah, permainan yang atraktif, dipadu dengan wajah yang tampan dari para pemainnya membuat permainan sepakbola semakin digandrungi.
   Di setiap negara pasti ada liga-liga yang menjadi supermasi tertinggi di negara tersebut. Misalnya: Indonesia (Liga Primer Indonesia (LPI) dan Liga Super Indonesia (LSI), Inggris (Liga Primer Inggris (BPL)), Spanyol (La Liga), Italia (Serie-A), Jerman (Bundes Liga), Amerika Serikat (Major League Soccer), dll. Setiap klub berusaha keras agar bisa keluar sebagai juara atau minimal bisa memperbaiki posisi dari musim ke musim.
   Suksesnya suatu team/klub bisa dilihat dari beberapa factor. Saya sendiri bukanlah orang  yang maniak bola, tetapi saya hanya nonton kalau Real Madrid dan Chelsea main (hahahahahahahaha). Jadi setuju atau tidaknya anda dengan pendapat saya, bisa dikomentari(untuk anonym juga bisa).
   Faktor-faktornya antara lain:
1.     Nama besar klub
Jika melawan suatu klub, si lawan pasti melihat siapa lawannya. Kalau melawan klub besar pasti ada rasa sedikit minder namun tidak semua pemain berpikir begitu. Misalnya Real Madrid melawan Santander. Bisa saja pemain Santander sedikit minder atau bisa juga sebaliknya. Tapi dalam kenyataannya sangat sulit sekali Santander menang meskipun di kandang sendiri. Sekalipun di Santander memiliki seorang Lionel Messi. Dikarenakan kurang nama besar klub. Bisa dilihat ketika Xabi Alonso pada saat memperkuat Liverpool. Gelar terakhir adalah Champions 2005. Begitu ke Real Madrid dia memberikan kontribusi yang sangat lumayan.
2.     Teman dan pelatih
Teman yang mendukung sangat membantu dalam suksenya suatu pertandingan. Tanpa kecocokan antar teman, permainan tidak akan berjalan sesuai yang diharapkan. Misalnya: Ribery sangat cemerlang bersama Bayern Munchen tetapi berbanding terbalik jika ia tampil di timnas Perancis (France). Ia pernah mengakui kalau ia kurang beradaptasi dengan temannya di timnas Perancis.
Selain itu juga pelatih sangat berpengaruh. Misalnya Andre Villas-Boas ketika melatih Chelsea tidak bisa memberikan kontribusi apa-apa. Tapi, setelah diganti Roberto Di Matteo, performa Chelsea semakin berkembang. Bahkan masuk final Piala FA dan masuk final Liga Champions musim 2012-2013.
3.     Uang
Mungkin banyak yang kurang setuju dengan uang. Itu ada benarnya. Lihat klub Anzi belum bisa naik ke posisi yang baik di musim ini meskipun mereka adalah klub terkaya di dunia dan mampu membeli penyerang Kamerun Samuel Eto’o. Tapi lihat Manchester City, setelah dibeli oleh miliarder dari Timur Tengah, City berhasil berebut Piala Fa setelah sekian tahun. Dan berpeluan menjuarai Liga Inggris musim ini.
4.     Pemain
Ini adalah factor penting. Setiap pemain memiliki skil yang berbeda. Merekalah yang bermain di lapangan mengejar bola dan mencetak goal ke gawang lawan. Sehingga berbuah kemenangan dan membantu klub untuk menuju tempat yang diinginkannya.

*)Penulis adalah tamatan SMA N 1 Langke Rembong (XII IPA 2 2011-2012)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar