Jumat, 28 Oktober 2011

Tiga Penyakit Ini Bersembunyi Di Balik Gusi

LAZIMNYA, orang-orang lebih memerhatikan kesehatan gigi dibanding gusi. Padahal, kesehatan gusi bisa mencerminkan kesehatan tubuh kita secara keseluruhan. Menurut juru bicara American Dental Association Dr Marjorie Jeffcoat DMD, ada berbagai bahaya tersembunyi di balik gusi. Terlebih, jika kita tidak memerhatikan kesehatan dan kebersihannya.

Apa saja bahaya itu? Berikut di antaranya :

1. Stroke dan serangan jantung.
Plak gigi, bakteri yang hidup di gigi dan gusi, mungkin timbul akibat kurangnya kebersihan gigi. Plak bisa menimbulkan infeksi yang memengaruhi respons inflamasi. Karenanya, penderita penyakit gusi seperti radang gusi atau gingivitis lebih berisiko mengalami stroke dan serangan jantung. Ada pula bukti bahwa banyak peradangan di pembuluh otak dapat membuat Anda lebih rentan terhadap stroke. Selain itu, banyak peradangan dalam pembuluh ke jantung dapat membuat Anda lebih rentan terhadap serangan jantung.

2. Prematur.
Perempuan yang tengah hamil rentan mengalami gingivitis yakni gusi berwarna lebih merah, lebih meradang, dan berdarah. Gingivitis bisa memburuk selama kehamilan dan telah dikaitkan dengan kelahiran prematur.

3. Diabetes.
Jika Anda penderita diabetes dengan penyakit gusi kronis, ada baiknya lebih rajin memperhatikan kebersihan dan kesehatan gigi dan gusi.

Untuk merawat gusi dengan baik dan mencegah penyakit gusi, Jeffcoat menyarankan kita menyikat gigi 2-3 kali sehari selama 2-3 menit dengan sikat gigi berbulu lembut dan pasta gigi antiplak. Dia menambahkan, penggunaan dental floss sekali sehari dan membilas mulut dengan obat kumur dua kali sehari bisa mencegah gingivitis. Tak lupa, dia juga menyarankan kita menemui dokter gigi dua kali setahun untuk membersihkan dan mencari kemungkinan adanya resiko penyakit berbahaya, seperti kanker mulut atau yang lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar