Rabu, 28 Desember 2011

JERAWAT TIDAK HANYA DI WAJAH

   Jerawat diasosiasikan dengan gangguan kulit yang dialami manusia pada saat mereka mulai memasuki usia pubertas sampai remaja. Padahal, jerawat dapat juga datang setelah seseorang berusia di atas 30 tahun. Begitu juga mitos bahwa jerawat disebabkan karena buruknya perawatan kulit, hal itu tidaklah benar. Jerawat juga tidak hanya dapat muncul di wajah seperti yang kita kenal selama ini. Akan tetapi, dapat merambah samapai ke badan.
   Jerawat dapat disebabkan adanya beberapa factor. Kalau kalian mempunyai orang tua berjerawat ketika mereka remaja, kemungkinan kalian akan mewarisi hal serupa. Ini tak terhindari karena sudah merupakan factor genetic.

   Faktor lain adalah hormone. Pada masa remaja, hormone androgen menjadi aktif dan merangsang kelenjar minyak pada kulit. Akibat produksi minyak berlebih, pori-pori tersumbat sehingga menimbulkan bintik-bintik jerawat.
   Satu lagi pencetus jerawat adalah tekanan atau stress. Meski tidak secara langsung menyebabkan jerawat, stress berpotensi memperburuk jerawat dan kondisi kulit lainnya.
   Lalu, perawatan apa yang dapat kalian lakukan dalam menghadapi jerawat? Untuk perawatan sehari-hari, dianjurkan menggunakan pembersih ringan. Hindari penggunaan pembersih kasar karena untuk kalian yang berjerawat akan dapat memperburuk permukaan kulit.
   Jangan lupa membersihkan bekas make-up sebelum tidur dengan pembersih ringan dan air. Penggunaan astringent untuk kulit berjerawat sebaiknya dihindari karena makin banyak minyak dibersihkan, makin terangsang kulit untuk memproduksinya lebih banyak.
  Penggunaan obat jerawat atau krim yang dijual bebas dapat digunakan untuk kalian yang berjerawat ringan. Obat tersebut umumnya mengandung benzoyl peroxide yang membantu mengurangi minyak dan membunuh bakteri.
   Salicylic acid yang dijual dalam bentuk krim dan lotion dapat mengobati bekas yang menghitam atau bekas putih dapat membuka pori. Sulfur yang tersedia dalam bentuk krim dan lotion mengurangi bakteri untuk mengontrol bekas jerawat dan jerawat dan jerawat yang meradang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar