Selasa, 05 April 2011

DILEMA YANG DIHADAPI PELAJAR


   Sebagai pelajar, dunia contek menyontek tidak pernah lepas dari dunia pelajar. Bagi sebagian orang, contek menyontek merupakan cara yang terbaik untuk menghadapi ulangan ataupun soal yang sangat sulit.
   Bagi sebagian orang, apabila seseorang meminta sontekan akan muncul perasaan serba salah. Kalau tidak diberi, muncul perasaan bersalah, dianggap sok, apalagi kalau yang meminta itu sahabat terdekat kita. Kalau diberikan, eh.... sudah susah-susah belajar, hasilnya dicontek orang lagi.
   Mungkin masalah inilah yang sulit dihadapi pelajar pada umumya.
   Ada 2 cara menyontek dalam dunia pelajar. Yang pertama menyontek pada saat ujian berlangsung, dan yang kedua dengan berunding terlebih dahulu jauh hari sebelum ujian berlangsung. Cara menyontek yang kedua inilah yang mungkin sulit diterima.
   Nah bagi kamu, ada cara yang baik untuk menghindar dari memberi contekan. Misalnya pura-pura mengatakan kalau kita juga tidak belajar atau bisa juga dengan tidak menjawab panggilan mereka pada saat ujian berlangsung. Karena apabila kita memberi mereka contekan, justru akan memiskinkan ilmu mereka sendiri.
   Oleh karena itu, kita harus mencoba untuk menyadarkan mereka agar mereka tidak terbiasa dengan menyontek. Misalnya dengan cara belajar kelompok dan mengingatkan mereka jauh hari sebelum ulangan berlangsung untuk belajar dengan giat. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar